Selasa, 23 Oktober 2012

Fakta Unik FB yang Menarik untuk Dibaca


Facebook merupakan kepanjangan dari fb memiliki definisi sebagai sebuah situs jejaring sosial yang akhir-akhir ini sedang naik daun dan menjadi situs favorit di dunia media, baik media internet maupun handphone. Sekarang situs ini malah merupakan situs yang berhasil menjaring banyak pengunjung dan user di seluruh pelosok nusantara dan dunia, sehingga tak heran jika fb selalu menjadi topik di setiap pembicaraan dan obrolan.

Pengguna FB Kian Bertambah

Sudah tidak akan heran dan asing lagi jika kita saksikan banyak orang apalagi para kawula muda yang menggunakan akun fb. Entah itu melakukan update status, membuat fanspage fb untuk situs website atau blognya, menjalankan games yang disediakan di fb, melakukan chatting dengan kolega atau temannya melalui fasilitas chat yang sudah tersedia di fb di bagian bawah samping kanan, atau membuat grup untuk menyebarkan atau mencari jaringan anggota melalui fb. Untuk menjalankan fb bisa memakai handphone entah itu blackberry, nokia, sonyerricson atau dengan komputer dan laptop yang tersambung dengan saluran modem.

Tetapi jika kita melakukan analisis terhadap fb maka sebenarnya kita akan menemukan banyak sekali mengenai fakta unik fb yang menarik dibaca, karena situs fb sendiri sekarang sudah berhasil menggaet jutaan bahkan ratusan juta para user atau pengguna internet dan hp. Tidak terbayang dan terpikirkan sebelumnya bukan?

Akhir-akhir ini para user fb yang berasal dari Inggris yang berjumlah 2000 orang telah melakukan survey sebagai analisa terhadap fb itu sendiri. Apa sebenarnya fakta yang unik dari sebuah fb? Apakah menarik untuk ditelusuri fakta fb tersebut? 

Tentang Status FB

Wow, sesuatu yang sangat tidak wajar sebuah situs yang baru dibangun baru-baru ini dan masih bau kencur ini sudah berhasil mendapatkan pengguna setianya sebanyak 800 juta pengguna untuk wilayah seluruh dunia. Jika seandainya semua updatean status fb dari para user dikumpulkan jadi satu untuk kemudian ditulis di kertas A4, maka untuk setiap tahunnya akan membutuhkan 11.5 milyar lembar kertas.

Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa setiap orang membutuhkan waktu sekitar 32 menit untuk membaca update an status orang di fb untuk setiap harinya. Sehingga jika dilakukan konversi ke jam, maka setiap orang akan membutuhkan waktu sekitar 573 milyar jam hanya untuk melakukan pembacaan terhadap seluruh status di fb per tahunnya. Jika diasumsikan pada sebuah halaman kertas A4 maka setiap orang butuh waktu sekitar 3 menit untuk membaca status di fb.

Sangat riskan dan heran ya, karena waktu yang kita butuhkan guna melakukan keliling dunia memakai pesawat Boing 747 sebanyak 8.5 juta kali setara dengan waktu yang kita butuhkan dalam membaca status di fb.

Fakta-fakta tentang fb di atas memang perlu diakui, pasalnya seperti yang telah kita saksikan dengan mata kepala sendiri, bahwasanya setiap orang khususnya orang Indonesia setiap harinya selalu membuka akun fb, ada yang sejam ber fb an, ada yang 11 jam setiap hari main fb bahkan ada yang seharian. Dan kebanyakan dilakukan lewat media hp dan internet.

Fenomena Nyata Tentang FB

Jumlah semua pengguna yang selalu aktif menggunakan akun fb sekarang berjumlah sekitar 250 juta lebih dan sampai sekarang tentunya akan semakin bertambah dengan seiring perkembangan zaman terutama teknologi dan komunikasi.

Untuk setiap harinya para user atau pengguna fb yang melakukan log in atau sign in mencapai sekitar 120 juta orang. Hal ini tentunya adalah Anda termasuk salah satu di antaranya.

Akhir-akhir ini pengguna fb tidak hanya berasal dari kalangan elit, mahasiswa dan pelajar saja, semua orang dari berbagai kalangan baik ibu rumah tangga, tukang becak atau satpam hampir rata-rata telah memiliki akun fb dan aktif menggunakannya setiap hari.

Rata-rata orang yang menggunakan akun fb semakin hari semakin bertambah jumlahnya yang registrasi untuk memiliki akun fb, kebanyakan dari mereka adalah orang yang berumur > 35 tahun. Dan mereka yang telah menggunakan fb sudah mempunyai teman yang berhasil di add dan dikonfirmasi sebanyak 120 orang, bahkan ada yang sampai 5000 an ke atas.

Untuk data dunia, hampir mencapai 5 milyar menit waktu yang dibutuhkan oleh setiap orang untuk menggunakan akun fb per harinya. Bahkan mereka yang aktif melakukan update statusnya di fb berjumlah > 30 juta orang.

Fakta Unik Lain dari Akun FB

Orang yang menggunakan akun fb lalu membuat dan memanfaatkan fasilitas di dalamnya berupa fans page fb jumlahnya sudah mencapai > 8 juta orang. Dan jumlahnya > 1 milyar foto yang berhasil dilakukan penguploadan setiap bulannya di fb dan di fb videonya sudah mencapai > 10 juta yang diuplod per bulannya oleh pengguna fb.  

Untuk setiap bulannya, events-events yang berhasil dibuat oleh pengguna fb mencapai > 2.5 juta. Sedangkan grup yang digunakan oleh para fb ers sejati sudah mencapai > 45 juta user yang selalu aktif statusnya. Fasilitas bahasa yang disediakan oleh pihak fb mencapai 50 bahasa dan akhir-akhir ini rencananya akan dilakukan pengembangan bahasa sebanyak 40 bahasa lagi untuk fb.

1 komentar: