Jumat, 02 November 2012

Bagaimana Teknik SEO yang Benar?



Berbicara mengenai masalah SEO yang benar tentu akan banyak pendapat yang berlainan. Ada yang mengatakan A sedangkan pihak lain mengatakan B. Namun, dari berbagai pendapat dihasilkan suatu kesimpulan. Di sini akan dijelaskan dulu tentang SEO.

SEO merupakan cara untuk mengoptimalkan suatu situs website atau blog yang Anda bangun agar bisa mendapatkan rangking paling atas di halaman search engine untuk kata kunci yang Anda targetkan. Jadi, jika ada pencari kata kunci yang Anda bahas di situs Anda, maka ketika pencari mengetikkan kata kunci tersebut di mesin pencari, yang muncul pertama kali adalah situs Anda.

SEO Yang Benar Itu Seperti Apa?

Untuk mencapai rangking tertinggi di mesin pencari, sebenarnya tidak ada yang tahu secara pastinya. Namun, ada beberapa indikator atau prediksi yang bisa dijadikan strategi dan acuan penting dalam mengoptimalkan halaman situs yang sedang Anda jalankan. Pertama, situs website atau blog Anda harus bermanfaat dan berguna bagi orang lain atau pengunjung. Jika situs Anda bermanfaat maka kemungkinan orang akan menjadi pengunjung setia Anda akan semakin besar. Contoh situs bermanfaat adalah situs konsultasi dan forum. Kedua, konten situs yang Anda buat harus berkualitas alias unik di mata search engine tidak kopipaste atau duplikat. Ketiga, banyak situs lain yang mengelink ke situs Anda. Untuk yang ketiga, jika Anda baru pertamakalinya membangun situs web atau blog, maka Anda harus mencari backlink sendiri. Backlink bisa dilakukan secara manual atau dengan service berbayar. Jika ketiga poin di atas sudah Anda penuhi, maka Anda sudah menjalankan teknik SEO yang benar.
 

Berapa Lama Halaman Kita Muncul di Google dengan SEO yang Benar?

Banyak sekali para pebisnis online pemula alias newbie yang selalu menanyakan tentang ini. Maka jawabannya adalah bervariasi. Ada halaman situs yang 1 hari sudah muncul di mesin pencari, ada juga yang berbulan-bulan bahkan sampai tahunan baru muncul. Hal ini dipengaruhi oleh jumlah pasar/pencari dan tingkat kompetisi atau saingan kata kunci yang Anda target. Jika Anda mentargetkan atau membahas topik dengan kata kunci yang jumlah pesaingnya rendah (low) dan jumlah pencarinya banyak maka kemungkinan besar muncul di mesin pencarinya lebih cepat begitu juga sebaliknya. Jadi, riset kata kunci yang tepat, konten yang unik dan berkualitas serta backlink merupakan rangking tertinggi di halama mesin pencari sama dengan SEO yang benar.

Tahapan On Page SEO yang Benar

Ada beberapa tahapan yang harus Anda kerjakan agar halaman situs bisa cepat terindex oleh google dan tentunya memiliki rangking tinggi.

Pertama, membuat artikel yang membahas mengenai “kata kunci” target Anda sebanyak 850 sampai dengan 1500 kata untuk setiap judulnya. Kedua, Anda harus mengusahakan agar “kata kunci” yang Anda bahas ada di paragraf awal pada sebuah artikel yang Anda buat. Ketiga, “kata kunci” diusahakan harus ada di setiap akhir kalimat pada paragraf.  Keempat, artikel yang Anda buat setiap katanya harus ada yang digarisbawahi (Underline/U), dimiringkan (Italic/I) atau dibold (Bold/B). Kelima, nama domain harus mengandung “kata kunci”. Keenam, pastikan kata kunci harus ditulis di judul, subjudul dan isi. Ketujuh, jangan sekali-kali mencoba untuk membuat link ke situs lain kecuali link affiliate yang Anda ikuti. Kedelapan, situs Anda minimal harus memuat menu Home, About Us/Me, Contact Us/Me, Site Map dan Privacy/Policy, sehingga akan terkesan situs profesional dan jelas kredibilitasnya. Jika kedelapan tahapan di atas sudah Anda penuhi, insyaAllah Anda merupakan orang yang menjalankan teknik SEO yang benar.

Tahapan SEO yang Benar dengan Off Page

Salah satu alternatif teknik SEO selain on page adalah off page. Jika Anda mau melakukan teknik ini, maka Anda harus mencari link dari situs lain (backlink). Untuk mencari backlink tentunya tidak dilakukan secara asal-asalan, tetapi dengan penuh pertimbangan dan pemikiran. Baclink tersebut harus membahas topik yang serupa dengan topik bahasan situs yang Anda buat.

Backlink tersebut mempunyai pagerank atau rangking yang tinggi di halaman mesin pencari dan umur situs yang akan dijadikan backlink Anda harus sudah tua/lama. Anda bisa mencari backlink di situs jejaring sosial (facebook, twitter), social media bookmark, directory article, dan social media network (blogspot, wordpress). Bagi Anda yang punya modal besar bisa menggunakan service berbayar untuk mencari backlink, tetapi bagi Anda yang ingin melakukannya secara gratisan alias manual juga bisa, tetapi banyak memakan waktu dan tenaga serta pikiran.

Kelebihan mencari backlink dengan alat berbayar adalah backlink yang didapatkan sudah pasti berkualitas, bisa memilih backlink yang sesuai dengan topik bahasan blog Anda dan proses pencariannya tentu lebih cepat dan praktis. Cukup di sini pembahasan mengenai teknik SEO yang benar.

SEO yang Benar - Dari Segi Template Situs

Memilih template untuk situs website atau blog Anda harus dilakukan secara benar dan teliti, karena hal ini juga akan berpengaruh terhadap kualitas pengoptimalan SEO situs yang Anda jalankan. Ada beberapa poin penting yang harus Anda penuhi untuk bisa mencapai SEO yang benar, di antaranya adalah: template harus memiliki loading yang cepat tidak lambat sehingga ketika ada pengunjung yang mengeklik situs Anda di halaman mesin pencari maka situs Anda akan dengan segera dapat tersajikan, otomatis pengunjung pun akan merasa nyaman. Berbeda ketika template situs Anda loadingnya lama karena berat, maka pengunjung akan merasa jenuh sehingga peluang untuk beralih ke situs lain pun akan semakin besar. 

Selain itu, template Anda disarankan tidak memuat terlalu banyak widget atau embel-embel dan pernak-pernik yang tidak terlalu penting untuk dipasang di situs Anda. Widget yang dianggap tidak penting seperti halnya ada taburan bintangnya, atau di bagian pojok bawah ada animasi bonekanya, atau juga widget disuruh memberikan makan ikan atau sejenis hewan lain seperti hamster dan lain sebagainya. Pasanglah widget yang bisa membantu pengunjung mempermudah dalam mengakses situs Anda, seperti: widget artikel yang populer, recent post, label atau tag dari konten blog, box komentar, widget artikel terkait, menu bar yang bisa semakin memudahkan pengunjung untuk bisa mengetahui lebih jauh isi atau konten yang disajikan di situs blog Anda. Dengan ini diharapkan SEO yang benar akan bisa terealisasikan.

Template situs Anda sebaiknya tidak terlalu berlebihan untuk dipasang iklan-iklan. Misalkan di sidebar kiri dipasang iklan ppc, di bagian atas postingan dipasang affiliate, terus di bagian isi blog dipasang ppc ads lain. Inilah yang bisa membuat pengunjung situs Anda menjadi jenuh alias tidak nyaman, karena tujuan situs Anda kan ingin memberikan informasi dan pengunjung datang juga hanya ingin mengakses informasi tersebut, bukan mau mengeklik iklan bukan? Hal ini bukan berarti pasang iklan dilarang, tapi pasanglah iklan ala kadarnya, jangan berlebihan. Misalkan pasangnya di sidebar kiri saja ya maksimal satu saja yang sekiranya bisa menghasilkan pendapatan banyak, seperti: ads dari google adsense. Posisikan diri Anda sebagai pengunjung. Jika Anda sebagai pengunjung pergi ke situs orang misalkan, tapi ternyata situs itu sangat banyak iklannya, tentu Anda merasa tidak nyaman bukan? :-) Maka dari itu, disarankan untuk memilih template yang SEO-Friendly agar dianggap situs Anda dimata google sebagai situs yang menerapkan SEO yang benar.

Oleh: Pro-Anne Ahira Team

2 komentar:

  1. Terimakasih, Artikel tentang teknik seonya sangat membantu dan memberi wawasan yang luas tentang dunia blogger.

    BalasHapus
  2. Sepertinya itu juga kok yang aku lakuin, dan ya, belum ada peningkatan :)

    BalasHapus