Kamis, 11 Oktober 2012

Cara Jitu Menentukan Ide Bisnis Online Anda


Jika Anda tertarik untuk melakukan bisnis online atau ingin membangun dan menjalankan internet marketing sehingga bisa mnjadi seorang internet marketer professional, maka satu hal penting dan yang paling utama adalah menentukan ide bisnis online Anda.

Siap Kerja Keras terhadap Ide Bisnis Online yang Anda Tentukan

Asalkan Anda sudah serius dan siap terjun ke dalam kancah bisnis di sebuah media internet, maka akan sangat terbuka lebar dan banyak sekali peluang dalam berbisnis yang dapat Anda lakukan. Tinggal Andanya! Apakah mau fokus dan semangat untuk bekerja keras dan sabar dalam menghadapi tantangan nantinya?

Namun, pada umumnya yang seringkali terjadi adalah para pelaku bisnis yang sedang pertamakalinya terjun akan mengalami kebingungan dan shock, karena belum bisa menentukan dan melakukan pemilihan terhadap ide bisnis online seperti apakah yang nantinya akan dijalankan dan sesuai dengan keinginannya.

Tidak sedikit dari para pelaku bisnis online yang baru mengerti tentang bisnis tersebut selalu berpandangan nanti dirinya akan mudah melakukannya sehingga bisa dengan praktis dan sebentarpun akan bisa mendapatkan penghasilan dari bisnis onlinenya.

Anda bisa menyimak contoh berikut: misalkan Anda fokus untuk mengikuti program afiliasi (affiliate marketing), maka yang Anda lakukan hanyalah riset produk yang akan Anda pasarkan melalui situs yang menawarkan program tersebut (ex: clickbank, amazon, dll) kemudian nanti akan tau produk mana yang gemar dicari orang, produk mana yang memberikan komisi terbaik dan produk tersebut berkualitas sehingga jarang pembeli mengembalikan produk yang sudah dibelinya?

Dengan begitu maka para pebisnis online pemula hingga menganggapnya pekerjaan yang mudah, padahal semua itu harus memerlukan ikhtiar usaha dan kerja keras untuk mencapai keberhasilan yang diinginkan.
 

Bagaimana Cara Menentukan Ide Bisnis Online yang Benar?

Sehingga dalam artikel ini akan diberikan penjelasan mengenai bagaimana cara menentukan ide bisnis online yang benar yang nantinya akan Anda bangun dan jalankan. Untuk menentukan ide bisnis online Anda bukanlah perkara yang dilakukan secara asal-asalan, tetapi harus disesuaikan dan dikondisikan dengan keadaan Anda saat ini.

Anggaplah Anda akan menjalankan bisnis online dengan ikut program afiliasi terhadap produk tertentu sebagai keputusan bulatnya. Misalnya, produk yang akan Anda promosi dan pasarkan adalah e-book mengenai belajar untuk menjadi internet marketer, maka blog atau web yang Anda bangun haruslah yang berkaitan dan ada sangkut pautnya dengan produk tersebut kontennya.

Langkah selanjutnya setelah Anda tentukan ide bisnis onlinenya, maka poin-poin penting yang harus Anda persiapkan dan kuasai adalah komputer/laptop dan modem beserta pulsanya (jika tidak minimal ngenet di warnet), pengetahuan Anda tentang dunia bisnis online dan internet marketing, setelah itu baru Anda akan bisa melanjutkan langkah-langkah berikutnya seperti: riset pasar yang akan ditargetkan untuk pemasaran produk, membuat dan mengumpulkan konten unik dan berkualitas, membangun dan menjalankan website atau blog, dan mempromosikan web atau blog yang telah Anda buat atau bangun.

Mengapa Anda harus membuat blog? Karena sebagai pondasi utama Anda dalam membangun dan menjalankan bisnis online adalah blog. Blog bisa digunakan untuk mengikuti program afiliasi yang ditawarkan dari situs-situs yang menawarkan program tersebut dalam artian blog sebagai pendukung untuk berbisnis online. Namun, web atau blog tersebut tentunya sudah berkualitas dari segi nama domainnya, kontennya, serta link sebagai traffic generationnya sudah banyak agar bisa secepatnya untuk menarik pengunjung.

Setelah langkah di atas sudah Anda lakukan, maka langkah berikutnya adalah Anda harus dan wajib fokus terhadap bisnis yang Anda jalankan tersebut. Jangan setengah-setengah, jangan menyerah dan terus melakukan usaha dan kerja keras agar bisa mendapatkan penjualan produk yang dipasarkan secepatnya sehingga setidaknya segera bisa mendapatkan penghasilan dari komisi yang diberikan dari program afiliasi tersebut.

Fokuskan dan Mantapkan Salah Satu Ide Bisnis Online yang Ditentukan

Sebagai seorang yang sifatnya manusiawi, kadang bisnis yang satu belum berjalan dengan sempurna ketika ada peluang ide bisnis online lainnya yang menjanjikan akhirnya ikut-ikutan untuk ikut bisnis tersebut. Janganlah demikian! Jika Anda sudah mantap dan memilih salah satu bisnis online A misalnya maka ya fokus dulu terhadap bisnis tersebut, baru kalau memang bisnis A tersebut sudah sempurna dan berhasil menghasilkan pendapatan, maka Anda boleh untuk membangun dan menjalankan bisnis online lainnya, seperti ppc, pps, atau ppl. Masih banyak jenis bisnis online yang bisa Anda ikuti.

Mengapa Anda memilih melakukan bisnis online daripada bisnis offline? Karena lebih menjanjikan dengan rincian tidak dikekang oleh jadwal dan target, tidak berlaku hukum pensiun dan sebagainya. Setelah Anda berusaha keras sampai mencapai track yang diinginkan, maka Insya Allah Anda akan mendapatkan passive income dari bisnis online tersebut. Anda capek dan mengeluarkan modal di awal saja, baru kemudian setelah berhasil Anda akan dengan bebas menjalankan bisnis tersebut kapan saja dan di mana saja.

Meskipun Anda tidur, maka system yang sudah Anda bangun tersebut sudah otomatis berjalan dengan sendirinya. Misal: pengunjung A mencari sesuatu tentang produk A dan jika blog Anda sudah bagus maka otomatis blog Anda yang pertamakali muncul digoogle sehingga peluang untuk diklik akan semakin besar dan pengunjung pun akan diarahkan ke situs atau blog Anda. Jika blog Anda berkualitas dan menjual otomatis pengunjung tertarik untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

2 komentar:

  1. wah... Artikel nya bermanfaat sekali, saya jadi lebih mengerti dan paham lagi, Nice share kawan
    http://belajarmarketer.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih teman, Anda telah berkunjung ke situs blog saya. Anda juga bisa membaca artikel yang terkait berjudul "Cara Tepat Menemukan Ide Bisnis Online" di blog ini. Semangat, salam perjuangan.

      Hapus