Jumat, 05 Oktober 2012

Rahasia Tentang Internet Marketing



Apa sih rahasia tentang internet marketing? Marketing bisa dilakukan dengan online maupun offline. Marketing online dilakukan melalui media internet (internet marketing), sedangkan marketing offline biasanya dilakukan dengan cara bertemu secara langsung ke pelanggan tanpa mengandalkan media internet. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Bagi kalangan pelaku bisnis yang ingin menghemat waktu dan tenaganya, mungkin akan lebih memilih internet marketing sebagai roda penggerak bisnisnya.

Tentang Internet Marketing - Definisinya

Internet marketing atau yang biasa disebut e-marketing bisa didefinisikan sebagai usaha yang dijalankan sebagai upaya untuk memasarkan sebuah produk/ jasa melalui media internet. Kata e pada kata e-marketing tersebut berarti elektronik (electronic) yang mengandung arti aktivitas memasarkan melalui media elektronik berupa internet. Semakin maraknya penggunaan teknologi internet dari tahun ke tahun menyebabkan adanya istilah-istilah baru yang diawali dengan huruf “e”. Contoh:  imbuhan kata e pada kata e-mail, e-learning dan lain sebagainya.

Internet marketing dilakukan sama halnya dengan marketing secara konvensional (manual) yang meliputi sesuatu yang ada kaitannya dengan aktivitas membuat produk iklan, riset atau mencari calon pelanggan dan pembeli yang dalam hal ini biasa disebut sebagai prospek, juga melakukan kegiatan menulis kalimat-kalimat pemasaran (copywriting) yang biasanya kalimatnya berupa kalimat rayuan atau ajakan.

Beberapa teknik yang harus dilakukan untuk melakukan bisnis internet marketing adalah pertama, kita harus membuat website atau blog (web development) kedua, mempromosikan web/blog/produk dengan cara membuat banner iklan untuk kemudian dipasang di website/blog milik pihak lain (banner/link exchange) ketiga, melakukan promosi dengan cara optimalisasi mesin pencari informasi (search engine optimization; SEO) keempat, mempromosikan lewat media jejaring sosial seperti youtube, google plus, facebook, dan twitter, mempromosikan dengan e-mail tanpa melakukan spam di dalamnya kelima, memasarkan produk orang lain melalui program afiliasi (affiliate marketing) seperti: clickbank, amazone. Setiap kali ada produk yang terjual maka kita akan mendapat persen komisi yang bisa diambil di western union keenam, membuat website lalu menjualnya di situs Flippa dan e-bay ketujuh, mempromosikan produk orang lain dengan cara memasang banner produk tersebut di web/blog kita yang mana setiap pengunjung yang mengeklik banner tersebut maka kita akan mendapat komisi dari jasa pemasang iklan, seperti: google adsense, PPC indo, kumpulblogger.com, dll kedelapan, menjual produk kita sendiri atau yang biasa disebut sebagai toko online dan ini sudah banyak yang melakukan, seperti: Toko Jilbab Online, Baju Batik Distro dan lain sebagainya.

Definisi Internet Marketing menurut Armstrong dan Kottler (2004:74) merupakan sudut lain pemasaran daripada E-Commerce, yang terdiri atas kerja dari perusahaan untuk melakukan komunikasi terhadap sesuatu, melakukan kegiatan promosi, dan melakukan penjualan terhadap barang atau jasa dengan cara lewat internet. Sedangkan menurut pernyataan American Marketing Association yang dilansir oleh Kleindl dan Burrow (2005), bahwa definisi marketing adalah proses perancangan dan penatalaksanaan dari ide atau sebuah pemikiran konsep, harga, promosi dan pendistribusian. Marketing mengandung arti yang lebih sederhana yakni pembangunan dan pemeliharaan interaksi antara perusahaan dan pelanggan/konsumen sehingga pada akhirnya saling memuaskan. Menurut Kleindl dan Burrow (2005), dengan perkembangan zaman yang semakin canggih, marketing juga berkembang dengan pesatnya. Munculnya teknologi internet membuat pelaksanaan marketing menjadi lebih menyebar luas dan meningkat secara signifikan. Dalam hal ini maka aktivitas ini sering disebut sebagai sebagai e-marketing. Begitulah definisi tentang internet marketing.

Tentang Internet Marketing: Bagaimana Cara Kerjanya?

Dengan internet marketing maka pengusaha atau pelaku bisnis tidak perlu terlalu repot memikirkan anggaran untuk pendanaan pembuatan kantor atau rukonya, karena internet marketing dapat menjadi wakil bagi perusahaan untuk melakukan pemasaran terhadap produknya dengan cara melalui dunia maya atau internet. Hanya butuh laptop/computer, modem, pulsa modem dan kemampuan menulis dan website/blog maka pembisnis akan lihai dalam melakukan internet marketing.

Sebagai pelaku bisnis tentu akan menekan biaya atau dana pengeluaran sehemat mungkin, sehingga menjalankan bisnis lewat internet marketing merupakan cara atau metode yang sangat tepat untuk berbisnis, karena biaya yang dikeluarkan lebih kecil daripada harus rela mengeluarkan anggaran dana untuk sewa ruko atau gerai/toko.

Terdapat dua poin utama yang wajib dimiliki oleh pelaku bisnis internet marketing yaitu berupa Website dan email.

  • Sales website

Salah satu bagian yang paling baik dari sebuah internet marketing adalah sales website. Melalui internet marketing, seseorang atau kumpulan orang yang tergabung dalam sebuah perusahaan akan bisa melakukan penjualan produk apapun (bisa berbentuk produk makanan, kosmetik, pakaian, e-book atau bahkan website) yang telah dibuat atau dirancangnya, sehingga hal ini tentu akan dapat memberikan peluang dan kesempatan bagi para pelanggan atau individu yang ingin membeli produk berupa website.

Sistematika internet marketing bekerja adalah sebagai berikut: seseorang yang dalam hal ini berstatus sebagai costumer/pelanggan/pembeli/pengunjung membuka situs website kita, jika pengunjung tertarik terhadap produk/jasa yang kita tawarkan maka otomatis mereka akan melakukan transaksi pembayaran secara online atau bisa juga melalui transfer via bank, untuk kemudian nantinya produk tersebut akan dikirim ke pengunjung yang berstatus sebagai pembeli tadi. Jika seandainya produk tersebut berupa e-book, maka setelah costumer mentransfer dan melakukan konfirmasi pembayaran, maka perusahaan/pemilik produk akan memberikan hak untuk mengakses atau mendownload e-book tersebut. Begitu juga jika produknya berupa jasa kursus, maka setelah melakukan pembayaran costumer akan diberi keyword atau password untuk mengaktifkan status member di kursus tersebut.   

Transaksi di internet marketing semuanya akan dilaksanakan dengan cara otomatis dan elektronik. Jika andaikata kita sebagai costumer yang tertarik kepada produk atau jasa yang ditawarkan sehingga kita harus melakukan transaksi pembayaran, maka transaksi atau proses pembelian dapat dilakukan di depan laptop atau komputer kita yang sedang terhubung internet atau online statusnya tanpa harus susah payah keluar rumah ke perusahaannya/penawar produk.

  • Websites Informasi

Selain sales website, ada juga jenis lainnya yaitu website informasi yang berfungsi juga untuk internet marketing. Jenis website tersebut diciptakan guna memberikan informasi mengenai branded atau keunggulan atau hal lain yang berhubungan dengan suatu produk.

Dengan adanya website tipe ini yang menginformasikan mengenai jasa atau produk yang ditawarkan maka harapannya akan bisa menjelaskan secara tidak langsung kepada calon cutomer kita supaya tertarik terhadap produk atau jasa yang ditawarkan sehingga customer jadi membeli produk kita atau ikut jasa yang kita tawarkan.

  • Email marketing

Sebagai pelaku bisnis online maka diperlukan memiliki akun email yang nantinya juga bisa dimanfaatkan untuk menjalankan internet marketing. Email ini ditujukan untuk melakukan pengintakan kepada calon cutomer kita (prospek) dengan memberikan penawaran terhadap produk atau jasa kita.

Pebisnis online atau kita nantinya akan memohon atau melakukan permintaan kepada calon customer kita supaya berkenan menerima email mereka dikirimi informasi-informasi mengenai produk atau jasa yang kita ditawarkan.

Jika seandainya nanti calon customer atau prospek menyetujui untuk berkenan emailnya dikirimi informasi dari kita, maka kita bisa mengirimkan informasi mengenai seluk beluk produk atau jasa sekaligus profil perusahaan kita dalam bentuk sales letter atau brosur. Asalkan jangan terlalu sering mengirimkan ke email prospek, karena hal ini akan membuat penerima email (prospek) menjadi bosan dan terganggu oleh email kita. Dengan kata lain jangan melakukan spam/ nyampah di email. Kirimi mereka informasi tentang produk atau perusahaan kita minimal seminggu sekali, jangan terlalu sering.

Cara dengan menggunakan email marketing merupakan cara yang paling mudah, murah dan efektif dalam mendistribusikan sales letter. Yang jelas cara ini tentu bisa juga mendukung kampanye go green atau program ramah lingkungan, karena dilakukan tanpa menggunakan kertas sehingga setidaknya bisa menghemat kertas.

Tentang Internet Marketing - Perbedaannya dengan Bisnis Offline 

Setelah kita disuguhkan informasi tentang internet marketing dan bisnis online tentu kita akan sedikit menjadi bingung, sebenarnya apa perbedaan antara internet marketing dengan bisnis online? Bisnis online bisa didefinisikan sebagai pemanfaatan media internet untuk melakukan aktivitas promosi yang merupakan bagian dari wirausaha yang kelihatan profesional.

Sebagai pebisnis online (netpreneur) maka sudah seharusnya benar-benar memahami secara seksama mengenai produk apa yang mau dijual jasa apa yang mau ditawarkan dan bagaimana menjualnya atau menawarkannya.

Sebagai roda penggerak pengembangan bisnisnya maka seorang netpreneur yang berkecimpung dalam bisnis online tentu harus sudah mempunyai planning yang tertata secara rapid an tertargetkan baik dari sisi pemodalan, operasional, cara promosi, kecepatan tanggap respon terhadap customer, risiko nantinya dan lain-lain.
Lalu perbedaannya apa antara Internet marketing dengan bisnis online. Internet marketing adalah bagian dari bisnis online. Langkah untuk mengawali internet marketing tidak memerlukan biaya sebagai modal yang besar dibandingkan dengan bisnis online, karena modalnya hanya mengerti tentang internet, bisa membuat blog atau website baik berbayar atau gratisan, bisa menulis artikel yang unik dan menarik juga bukan copypaste atau jiplakan, bisa melakukan promosi terhadap produknya dan tentunya sudah mahir mengenai ilmu SEO (Search Engine Optimization), maka seseorang bisa menjalankan bisnis internet marketing.


Oleh: Pro - Anne Ahira Team

1 komentar:

  1. punya contoh tentang email marketing ?

    may i share my blog ? https://johcarolus.wordpress.com

    #tipsmarketing #strategimarketing

    BalasHapus