Sabtu, 13 Oktober 2012

Penjelasan Detail Tentang SEO

Sebagai seorang yang sudah memutuskan untuk melakukan bisnis online dan menjalankan internet marketing, langkah yang harus Anda lakukan adalah mengusahakan agar situs web atau blog Anda berada di peringkat awal sehingga bisa mendapatkan pengunjung yang banyak melalui tentang SEO.


Penjelasan Definisi Tentang SEO

Search engine optimization merupakan kepanjangan dari seo yang dalam terjemahan bahasa Indonesianya berarti optimasi mesin pencari yang mengandung maksud proses yang dijalankan dengan menggunakan mekanisme kerja atau algortima mesin pencari yang dijalankan secara sistematis agar situs web atau bog Anda bisa bertambah volume dan kualitas pengunjungnya

Seo banyak digandrungi para pebisnis online atau internet marketer, karena dengan seo maka akan bisa menjadikan situs web atau blog Anda bisa berada pada urutan paling pertama pada saat kata kunci (keyword) tertentu dicari oleh pengguna internet melalui mesin pencari. Sehingga jika seo Anda berkualitas baik, maka untuk memposisikan blog Anda di urutan paling atas atau di halaman awal google akan semakin terbuka lebar peluangnya. Misalkan: blog Anda kontennya membahas tentang internet marketer, maka jika blog Anda kualitas seonya sudah bagus, kemungkinan besar ketika pencari kata kunci tersebut mengetikkan di mesin pencari google, maka situs atau blog Anda akan muncul pada urutan pertama sehingga kemungkinan pencari untuk mengunjungi blog Anda pun semakin besar.

Sedangkan ada juga pihak lain yang mendefinisikan tentang seo sebagai cara yang khusus digunakan untuk menjadikan situs atau blog Anda mendapatkan peringkat yang baik di daftar mesin pencari google. Atau biasa juga didefinisikan sebagai sarana memasarkan situs web atau blog Anda.

Penjelasan Tentang Kategori SEO

Kategori seo ada dua macam, yaitu: White Hat SEOs dan Black Hat SEOs. Namun, seringkali yang mendapatkan persetujuan dari mesin pencari dalam hal mebuat dan menjadikan konten situ web atau blog Anda berkualitas adalah yang metode White Hat SEO. Sementara cara Back Hat SEOs merupakan cara yang mirip cloacking dan aksi spam pada email orang lain dan komentar yang tidak berkualitas ke blog orang lain, sehingga cara ini sangatlah tidak dianjurkan untuk digunakan. Melalui cara Black Hat SEOs, para internet marketer berusaha meningkatkan trafik pengunjung dengan cara yang tidak diperkenankan dan di Amerika Serikat sangat melanggar hukum.

Akhir-akhir ini, semua orang yang sudah siap terjun pada dunia bisnis online dan menjadi internet marketer, sangat membutuhkan seo untuk meningkatkan pengunjung situs web atau blognya, apalagi sekarang sudah eranya media internet, maka kebutuhan akan itu akan semakin bertambah.

Maka dari itu, para pebisnis online atau yang melakukan internet marketing akan berusaha terus untuk berlomba-lomba agar situ web/blognya mendapatkan peringkat yang terbaik di mesin pencari atau halaman google. Dengan begitu, maka peluang agar bisa mempunyai pengunjung baru akan semakin besar. Semakin di atas urutannya di halaman google, maka semakin besar peluang pengunjung untuk mengeklik situs web atau blog Anda.

Hal ini tentu merupakan sebuah ladang bisnis bagi para ahli pengoptimasi blog di mesin pencari, sehingga beberapa perusahaan semakin banyak yang menawarkan jasa seo. Tentu persaingan sengit pun akhirnya tidak dapat dihindarkan, karena mereka juga berlomba-lomba untuk memberikan penwaran jasa tentang seo yang terbaik. Siapa yang bisa memasarkan jasa seonya secara baik, maka peluang untuk mendapatkan pelangganpun akan semakin besar.

Penjelasan Tentang Manfaat dan Kelebihan SEO

Sehingga timbul pertanyaan, mengapa harus butuh seo? Karena dengan seo maka kecepatan halaman situs web atau blog Anda terindex atau muncul di mesin pencari google semakin tinggi. Jika halaman Anda tidak muncul di mesin pencari, tentu blog Anda tidak akan mendapatkan pengunjung sama sekali kecuali pengunjungnya Anda sendiri. Otomatis juga jika blog Anda tidak ada di halaman mesin pencari google, maka akan nihil pengunjung dan page rangkingnya pun akan sangat rendah bahkan nol besar.

Kebanyakan para pengunjung mengunjungi blog atau website Anda melalu mesin pencari google (misalnya) atau yang lainnya. Dengan mengetikkan kata kunci tertentu yang ditargetkan, maka nanti google akan memunculkan beberapa situs web/blog yang menyediakan artikel atau konten tentang kata kunci tersebut. Blog yang punya kualitas tentang seo baik otomatis akan ada di peringkat atas, sebaliknya jika seonya tidaklah bagus maka tentu akan berada di peringkat bawah sehingga kemungkinan pengunjung untuk mengekliknyapun akan semakin kecil.

Pengetahuan mengenai seo patut/ wajib diketahui dan dipahami oleh para internet marketer dan pebisnis online dalam melakukan pemasaran terhadap produk atau jasanya, karena sangat dibutuhkan untuk meningkatkan peringkat dan peluang situs web/ blog Anda di mesin pencari google. Sebagian besar pencari kata kunci tertentu mengunjungi blog Anda melalui perantara mesin pencari.

Alhasil, jika seandainya Anda menginginkan agar web atau blog Anda banyak mendapatkan pengunjung sehingga banyak juga produk atau jasa yang terjual, maka pemahaman mengenai promosi lewat teknik seo sangat dibutuhkan untuk mendukung semua itu. Semakin banyak pengunjung berarti semakin besar peluang pengunjung untuk membeli produk atau memakai jasa yang ditawarkan oleh Anda.

Akhir-akhir ini tentu sudah tidak sedikit lagi orang yang mengetahui dan memahami tentang bagaimana cara melakukan optimasi sebuah situ web atau blog di mesin pencari atau SEO, tetapi inti dari SEO tersebut kadangkala masih sangat sedikit orang yang sudah memahami secara betul dan seksama apa itu SEO.

Penjelasan Tentang Jenis SEO, Perbandingan dan Perbedaannya

Pada umumnya tentang SEO terdiri atas dua jenis yaitu: on page optimization dan off page optimization. Keduanya mengandung pengertian yang berbeda. On page optimization biasa didefinisikan sebagai proses untuk melakukan optimasi pada website/blog tersebut tanpa membuat backlink dari situs web lain atau dari luar. Misalnya dengan mengoptimalkan konten yang berkualitas, internal linking, judul blog berada sebelum judul konten, meta tags dan lain sebagainya.

Sedangkan pengertian Off page optimization merupakan sebuah proses yang dilakukan untuk mengoptimalkan kualitas situs blog/website dari blog atau web lain atau yang biasa dikenal dengan sebutan backlink. Jadi, dengan memanfaatkan backlink, maka situs web lain akan mengelink ke web atau blog Anda. Tentu hal ini sangat berpengaruh terhadap traffic generation blog, apalagi jika baclink yang Anda linkkan berkualitas atau memiliki page ranking 7 atau 6.

Namun, sebenarnya yang lebih berperan besar dalam meningkatkan trafik atau rangking blog Anda di mesin pencari adalah yang Off Page Optimization. Jika dilakukan perbandingan antara Off dan On page maka akan seperti ini 70% : 30%.

Tapi jangan dijadikan alasan untuk tidak mengurusi teknik yang On page, karena keduanya saling mempengaruhi dan mendukung, apalagi jika Anda masih baru membangun situs web atau blog maka cara yang On Page sangat perlu digunakan agar blog Anda akan dianggap bersahabat dan berkualitas kontennya di mata google.

Antara On dan Off Page keduanya sangat mendukung. Jika Anda menginginkan agar situs web atau blog Anda berada di peringkat teratas atau setidaknya bisa berada di halaman paling awal google, maka optimasi dengan cara Off Page sangat dibutuhkan. Jika Anda hanyak fokus pada cara On Page saja, maka akan menjadi lama blog Anda terindex google atau muncul pertama di halaman google. Untuk itu, carilah backlink yang berkualitas jangan backlink asal-asalan.

Namun, untuk mengoptimalkan dengan cara off page butuh kesabaran yang ekstra. Fokus, usaha dan kerja keras dan terus-menerus sampai nantinya bisa membuat blog Anda berada di urutan pertama search engine. Bagi Anda yang memiliki modal besar, maka Anda bisa membeli dan memanfaatkan software untuk melakukan backlinking secara otomatis dan cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar