Minggu, 14 Oktober 2012

Cara Terbaik Memilih Nama Domain untuk SEO

Pada umumnya dan yang seringkali dilakukan oleh para pebisnis online dan internet marketer adalah usaha untuk selalu membuat agar situs website/blognya berperingkat teratas di mesin pencari seperti halnya google search engine, hal ini biasa disebut dengan optimasi pada mesin pencari atau SEO.

Sehingga, harapannya dengan pengoptimalan mesin pencari google, maka pada saat para pencari atau pengguna internet mengetikkan sesuatu kata kunci atau keyword tertentu yang ditarget pada mesin pencari google misalkan, maka situs Anda akan lebih awal atau berada pada urutan pertama dibandingkan dengan situs/blog yang menjadi saingan Anda, karena seo blog Anda lebih baik pengoptimalannya. Salah satu teknik untuk meningkatkan kualitas SEO blog Anda adalah dengan memilih nama domain yang tepat.


Tips dan Trik dalam Memilih Nama Domain

Selain konten situs website/blog yang berkualitas dan banyaknya situs lain yang ngelink ke situs Anda, pemilihan nama domain juga sangat berpengaruh terhadap kualitas SEO tersebut.

1. Anda harus menentukan terlebih dahulu hobi atau pekerjaan yang benar-benar Anda sukai, sehingga nantinya Anda akan merasa senang dan nyaman dalam menjalankannya. Misalkan katakanlah Anda suka internet, menjadikan main internet sebagai kebutuhan sehari-harinya, maka Anda boleh menjadikan patokan “internet” sebagai kata kunci yang akan dibahas pada situs web/blog yang akan Anda bangun dan jalankan.

2. Setelah Anda mengenali hobi Anda dan sudah mantap dengan pilihan Anda “internet”, maka selanjutnya Anda harus melakukan riset kata kunci “internet” tersebut. Anda bisa pergi se situ Google Keyword Tools. Anda bisa ketikkan kata kunci tersebut pada mesin pencari seperti google. Setelah Anda dibawa ke situs tersebut, maka Anda tinggal register untuk mempunyai akun di situs tersebut, setelah itu baru bisa melakukan riset kata kunci.

Caranya adalah Anda ketikkan kata internet pada kolom word or phrase, kemudian isikan Negara yang Anda target sebagai pasar Anda pada kolom locations, misalkan Indonesia. Kemudian Anda masukkan juga bahasa yang akan Anda gunakan pada situs blog Anda, misalkan bahasa Indonesia. Setelah itu ketikkan 5000 pada kolom “=>”, masukkan kode yang sudah disediakan, lalu tinggal klik search.

Anda akan mengetahui berapa tingkat saingan pasar Anda, apakah rendah (low), menengah (medium) atau malah tinggi (high)? Jadi, Anda tinggal pilih kata kunci yang rendah kompetisinya. Misal, kan tadi “internet” yang kita cari, maka di sana akan muncul beberapa kata kunci yang berhubungan dengan “internet”. Misalnya, artikel tentang internet, pengertian internet, internet marketer, internet marketing dan lain sebagainya.

Jadi, dari sekian kata kunci yang muncul, maka Anda tinggal menentukan mana yang rendah kompetisinya dan lebih banyak pencarinya dari setiap bulannya. Jika andaikata kata kunci “internet marketer” adalah yang paling banyak dicari pengunjung dan paling rendah tingkat kompetisinya, maka itu bisa menjadi pilihan Anda dalam menjadikannya sebagai nama domain Anda.

3. Anda tinggal menuju ke situs pembuat blog, jika memang Anda ingin membangun situs dengan memanfaatkan fasilitas blog. Situs yang akan Anda bangun dan jalankan bisa gratisan seperti blogspot dan wordpress, atau ada yang berbayar dengan membeli naman domain dan tentunya hosting.

Bagi Anda yang tidak punya modal besar, tentu akan memilih blog yang gratisan, tetapi bagi Anda yang berduit maka alangkah baiknya jika Anda membangun blog yang berbayar domain dan hostingnya. Langkah yang harus Anda lakukan untuk membuat nama domain pada blog gratisan. Namun, Anda harus mengunjungi situs e-mail terlebih dahulu untuk membuat e-mail sebagai syarat membuat blog (jika belum punya email, red.).

Katakanlah Anda pergi ke gmail.com. Nanti Anda tinggal isikan data Anda pada form registrasi email. Setelah membuat email, maka Anda bisa kunjungi situs blogger.com. Klik create blog lalu isikan nama domain (alamat URL) pilihan Anda. Misal, internetmarketer.blogspot.com lalu klik check. Jika nama tersebut berstatus sudah “tidak tersedia” lagi maka Anda tinggal tambahkan kode penambah, missal internetmarketerhandal.blogspot.com atau kode penambah lainnya sampai statusnya “Tersedia”. Lalu langkah berikutnya tinggal mengikuti prosedur lanjutan, gampang kok!.  

4. Jika situs web atau blog yang ingin Anda bangun merupakan blog toko online, maka sebaiknya pemilihan nama domain lebih dispesifikkan lagi. Misalkan, dengan menambahkan lokasi yang benar-benar akan Anda targetkan sebagai pasar utama Anda. Contoh: dagangbatiktulissolo.com, jualdistrobandung.com.

5. Anda sebaiknya memilih ekstensi dot kom “.com” dibandingkan .net, .org, .biz. Alasannya karena dot kom cakupannya lebih luas dan mengglobal juga lebih friendly. Namun, Anda juga jangan terlalu memaksakan untuk memilih ekstensi dot kom jika sudah tidak tersedia lagi. Namun, jika Anda masih bersikeras untuk memilih .com, maka Anda tinggal menambahkan kata penambah yang sudah dijelaskan di paragraf sebelumnya. Misal, pada saat Anda memasukkan keyword internetmarketer.com, kok “tidak tersedia” maka Anda bisa mengubahnya menjadi missal internetmarketerok.com atau ditambahkan 4 angka di belakan nama domain utama.

6. Pemilihan ekstensi untuk nama domain pada situs web atau blog toko online dengan target pasar Negara Indonesia maka sebaiknya menggunakan ekstensi “co.id”, karena hal ini akan berpengaruh terhadap kualitas SEO dan pengunjung.


Petunjuk dalam Memilih Nama Domain

Apabila pada saat Anda sudah memilih nama domain dengan kata kunci tertentu, tapi ternyata sudah tidak tersedia, maka Anda sebaiknya Anda harus membuat kombinasi dengan kata kunci lain yang masih berhubungan. Misal, internetmarketer.com kok sudah tidak tersedia lagi, maka Anda tinggal tambahkan kombinasi lain, misal internetmarketeronline.com. Namun, jika masih tetap saja belum tersedia juga, Anda bisa menggunakan kata kunci tambahan empat angka yang mudah diingat, missal 1234.


Yang Harus Dihindari dalam Memilih Nama Domain

Sebaiknya penggunaan tanda penghubung tidak digunakan dalam nama domain yang panjang, karan hal tersebut akan mempersulit pengunjung untuk mengingat nama domainnya. Misalkan, internetmarketeronlineprofesional.com, jika Anda tambahkan tanda penghubung “-“ maka menjadi internet-marketer-online-profesional.com, cukup panjang dan enggan untuk diingat bukan?

Namun, untuk memilih nama domain yang pendek penggunaan tanda hubung tidak akan menjadi masalah. Justru akan lebih friendly di mata google, karena dari segi SEO lebih baik. Misalkan, anneahira.com, karena nama domain tersebut sudah dipakai orang lain “sudah tak tersedia”, maka Anda bisa menambahkan tanda hubung, misal: anne-ahira.com/ pro-anneahira.com atau yang lain.

So, sekarang tinggal Andanya. Anda lah yang memiliki kewenangan untuk memutuskan semua itu, karena pilihan ada di tangan Anda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar