Senin, 15 Oktober 2012

Penjelasan Lengkap Tentang Google Adsense


Tentang google adsense merupakan hal yang penting dibicarakan. Setelah Anda berhasil membangun dan menjalankan situs website atau blog, maka selanjutnya adalah Anda bisa memilih salah satu jenis sumber penghasilandari internet, salah satunya adalah dengan mengikuti program ppc (pay perclick) yang ditawarkan oleh pihak google adsense.


Tentang Google Adsense Itu Apa?

Google adsense dapat didefinisikan sebagai penyediaan dari pihak google.com berupa pelayanan iklan atau advertising yang bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan Anda melalui program ppc. Cara mendapatkan penghasilan tersebut adalah dengan memasang iklan dari google adsense di situs website atau blog Anda, yang kemudian jika ada pengunjung situs Anda yang mengeklik iklan yang telah dipasang di situs Anda tersebut maka tiap kliknya Anda akan mendapatkan komisi dari pihak google adsensenya.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa pihak google adsense adalah sebagai pihak yang mengadakan program ppc. Program tersebut merupakan salah satu cara bisnis saling berbagi keuntungan. Google adsense melalui iklannya akan mendapatkan keuntungan berupa bantuan penyebaran iklannya di situs yang berkualitas yang mendaftarkan diri menjadi agen ppc di google adsense, sedangkan bagi pemilik situs yang memasang iklan google adsense akan memperoleh keuntungan berupa komisi yang diberikan untuk setiap klik dari pengunjung sebagai penghasilannya. Demikian pembahasan tentang google adsense.


Jenis Tampilan Iklan Tentang Google Adsense

Jenis pelayanan iklan tentang google adsense yang ada variasinya sangat beragam. Ada yang berupa banner, teks, gambar, video, feed atau ada juga yang berupa kotak pencarian. Iklan-iklan tersebut penampilannya sangat otomatis nantinya pada saat Anda memasangnya di situs Anda. Jadi sifatnya itu kontekstual, menyesuaikan konten blog.

Jika misalkan blog ada berisi mengenai dunia internet, maka iklannya muncul gambar logo google chrome atau kadangkala juga berubah menjadi iklan teks tentang kaitannya dengan internet, seperti: software dan lain sebagainya.


Istilah Tentang Google Adsense yang Harus Dipahami

Berikut ini merupakan kata-kata yang akan sering Anda jumpai pada saat Anda bergabung di Google Adsense dan ini bersifat sangat penting dipahami oleh Anda yang berstatus sebagai publisher adsense:

·         AdSense for Feeds

Jenis iklan adsense ini merupakan iklan yang ada hubungannya dan berkaitan dengan atom dan RSS Feeds. Jadi, iklan adsense for feeds Anda ini nantinya muncul hanya pada halaman RSS Feeds dan Atom. Seperti yahoo news atau situs feed yang lain.

·         AdSense for search

Jenis iklan adsense ini sistem kerjanya adalah Anda sebagai pemilik situs web atau blog harus memasang kotak pencarian google yang berfungsi sebagai Adsense for Search, pada halaman atau sidebar situs Anda. Jadi, jika nanti ada pengunjung situs Anda dan memanfaatkan kotak pencarian tersebut, maka dengan serta merta pihak google akan memunculkan iklan berbayar dari google adsense di halaman hasil pencarian. Jika orang yang mengunjungi tersebut melakukan klik terhadap iklan adsense tersebut, maka otomatis Anda sebagai pemilik situs web atau blog akan diberikan komisi oleh google. Besarnya komisi yang diberikan sangat beragam, tergantung kualitas situs Anda.

·         AdSense for Content

Istilah ini mengandung maksud bahwa iklan dari google adsense yang ditempelkan di halaman atau sidebar situs Anda muncul dengan menyesuaikan konten dari sebuah situs web atau blog Anda. Misal: situs Anda memuat topik tentang jual beli handphone, maka iklan google adsense akan muncul dengan penampilan yang ada kaitannya dengan handphone. Jenis iklan ini berupa Ad Units dan Link Units.

·         Adsense For Domains

Jenis iklan adsense ini dikhususkan bagi Anda yang merasa memiliki domain tapi sudah tidak dioptimalkan, maka lebih baik mengikuti jenis iklan adsense yang ini. Nanti sistemnya adalah pihak google adsense akan menyisipkan iklannya di halaman domain Anda, domain yang Anda miliki tersebut akan mengantarkan pengunjung dari domain Anda ke google adsense, jika ada pengunjung yang mengeklik iklan tersebut berarti Anda akan bisa mendapatkan komisi dari google adsense. Semakin banyak yang mengeklik maka akan semakin besar komisi yang berhasil Anda terima.

·         Channels

Channel ini berfungsi untuk menyediakan berita dan info tentang seluk-beluk sistem kerja iklan adsense pada sebuah situs website atau blog. Fasilitas ini sengaja disediakan oleh pihak google adsense, seperti Link Units, Ad Units atau juga for search. Jika Anda melakukan aktifasi pada sebuah situs website atau blog Anda, maka channel tersebut akan menyediakan berita seputar per nama domain dan besarnya klik dan jumlah impression, sehingga hal ini diharapkan evaluasi kinerja situs web atau blog Anda yang disisipkan channel akan berjalan dengan mudah.

·         Page Impressions

Page impressions menggambarkan jumlah page atau halaman situs web atau blog Anda yang ada iklan Adsensenya dikunjungi oleh orang. Nilai page impression ini tidak dipengaruhi olehjumlah Ad Units yang juga dipasang di halaman tersebut.

·         Clicks

Clicks ini maksudnya adalah jumlah pengunjung yang melakukan klik pada iklan adsense yang telah Anda pasang di halaman atau sidebar situs web atau blog Anda. Sehingga Anda yang berstatus sebagai pihak publisher adsense, akan bisa mengecek sudah berapa kali klik dari pengunjung selama sepekan atau seminggu.

·         CTR (Clickthrough Rate)

CTR didefinisikan sebagai perbandingan antara jumlah klik pada iklan adsense Anda dengan jumlah munculnya iklan adsense Anda di situs web atau blog Anda.

·         CPC (Cost Per Click)

Sedangkan definisi dari CPC ialah jumlah komisi yang dikira-kira akan diperoleh Anda jika iklan adsense yang sudah Anda pasang tersebut diklik oleh pengunjung blog atau web Anda. Dalam hal ini, kualitas dari sebuah situs Anda akan sangat berpengaruh terhadap nilai CPC. Jika situs Anda SEO Friendly maka kemungkinan besar akan mendapatkan nilai CPC besar.

·         eCPM (Effective CPM)

eCPM merupakan biaya per 1000 munculnya iklan adsense Anda. Fungsi CPM bagi Anda yang telah memasang iklan adsense adalah sebagai pembanding komisi yang didapatkan dari channel yang berlainan dengan berbagai macam program iklan. Begitulah kiranya poin-poin yang harus kita ketahui tentang google adsense.


Seputar Komisi dari Google Adsense

Cara mencairkan komisi kita dari pihak Google Adsense adalah melalui dua pilihan cara, yaitu melalui cek dan western union (wu). Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Jika Anda memilih melalui cek maka Anda butuh  biaya dan waktu yang tidak sedikit, tetapi kelebihannya Anda bisa melakukan penarikan tunai tanpa batas. Nanti cek tersebut akan dikirim ke alamat rumah Anda sekitar 4 minggu setelah masa batas komisi harus dibayarkan.

Sedangkan jika Anda melakukan penarikan melalui WESTERN UNION, maka Anda hanya butuh biaya untuk materai Rp 6000 saat mengambil komisi Anda. Kelebihan western union adalah mudah dan cepat. Namun, kekurangannya yaitu penarikan tunainya dibatasi, maksimal $USD 8000. Anda bisa melakukan penarikan komisi dari adsense manakala saldo adsense Anda sudah $USD 100 minimalnya. Demikian artikel tentang google adsense.

7 komentar:

  1. sob.. minta izin copas artikelnya,, tolong direspon yah !!!!!!!!!

    BalasHapus
  2. Oke terimakasih sob udah ngeshare ilmunya.

    BalasHapus
  3. sangat jelas dan klir penjelasannya sob, makasih ya

    BalasHapus
  4. iya kah ?
    heeheh
    makasih bung

    BalasHapus
  5. Wowwww lengkap sekali penjelasannya, jadi pengen punya iklan adsen, syaratnya berapa naskah yang di terbitkan dan berapa umur blognya, thanks ya

    BalasHapus
  6. menurut ane adsense hanya sekedar penghias artikel. klo blog ane yang tentang alquran di http://alquranexplorer.blogspot.com/ aga lumayan visitornya. sepertinya unique visitor. menurut pihak google adsense nilai CTR nya kurang. tapi pas ane coba masang iklan sendiri jual produk punya kawan, malah fast response. akhirnya ane nambah spot iklan di 2 titik lagi. tapi buat kawan baru yang mau pasang iklan ane kenain tarif 75 ribu perbulan. jadinya penghasilan ane justru bukan dari adsense malah dari iklan produk yang lain yang ane pasang di blog ane. mayan gan 3 spot di kali 75 ribu per bulan.

    BalasHapus