Rabu, 24 Oktober 2012

Harus Tau Dampak Positif Negatif FB


Fb merupakan singkatan dari kata facebook yang mengandung pengertian sebagai media jejaring sosial yang akhir-akhir ini marak di gunakan di dunia maya alias internet. Setelah sebelumnya mungkin kita sudah mengetahui lebih jauh bahwa ada situs jejaring sosial berupa Friendster dan Myspace, sekarang muncul situs baru yaitu fb yang fungsinya hampir sama dengan kedua situs yang sudah saya sebutkan tadi, tetapi fb lebih keren akunnya dan lebih canggih digunakan untuk semua kalangan. Fb bisa menimbulkan dampak positif dan negatif fb bagi orang atau penggunanya.

Fenomena Tentang Dampak Posistif dan Negatif FB

Fb didirikan oleh mahasiswa Harvard University pada Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg yang pada mulanya hanya khusus disediakan untuk kalangan mahasiswa Harvard University. Selanjutnya fb meluas penggunaannya oleh para anak sekolahan pada tahun 2005. Hingga akhirnya fb membuat gebrakan yang dahsyat yang mana sekitar tahun 2006 fb semakin memperluas jaringannya dengan memberikan kesempatan kepada semua orang di mana saja berada untuk bisa memiliki akun fb dan menggunakannya.

Nah, sekarang dengan maraknya penggunaan fb mengundang reaksi keras dari berbagai aktivis dan remaja, muncul pertanyaan besar sebenarnya fb itu dampak positifnya dan dampak negatifnya fb apa? Karena hingga sampai sekarang ini hampir semua kalangan orang entah di Amerika, India, China atau bahkan Indonesia sendiri rata-rata memiliki akun fb dan menggunakannya. Termasuk kita bukan?

Namun, itu semua kembali kepada diri kita masing-masing. Apakah kita menggunakan fb untuk keperluan yang positif atau malah yang negatif. Jadi, kita lebih tau dalam menentukan manfaat dan madharat fb. Jika seseorang bisa pandai memilah-milah mana yang baik dan mana yang buruk, maka setidaknya bisa menempatkan pada posisi yang benar begitu juga sebaliknya jika kita menempatkannya pada posisi yang salah maka akibatnya akan memperoleh kerugian yang amat dari penggunaan fb.

Dampak Positif Penggunaan FB

Berbicara mengenai dampak positif yang akan didapatkan jika kita menggunakan fb adalah sebagai berikut, diantaranya:

  • Fb Bisa Menjalin dan Memperkuat Silaturahmi

Dengan adanya fb, maka kita akan bisa bertandang dengan teman-teman yang sudah kita kenal sebelumnya atau malah yang baru kenal pada beberapa hari lalu. Kita akan bisa mengetahui posisi teman kita, pekerjaan yang sedang dilakukannya sekarang, keadaan hatinya, atau juga bisa mengumpulkan orang atau teman pada sebuah grup yang disediakan fb. Terus fb bisa dijadikan untuk mengundang teman menghadiri sebuah acara yang pengin diselenggarakan dengan mengatur “Adakan Acara” pada akun fb di dalamnya.

  • Dengan Fb Bisa Tau Potensi Diri Kita

Jika kita menggunakan fb maka kita akan bisa mengikuti dan menjalankan beberapa kuis di dalamnya yang salah satu diantaranya bisa untuk melakukan pengecekan dan pengukuran terhadap kemampuan intelegensia kita, bagaimana potensi kita, dan sebagainya. Penting yang harus diingat di sini adalah tidak semua kuis yang disuguhkan itu benar dan baik buat kita, ada juga kuis yang berfungsi untuk meramal kehidupan kita, jadi kalau yang kuis seperti ini lebih baik kita tidak mengikutinya.

  • FB Bisa Digunakan Sebagai Media promosi

Melalui fb kita akan bisa menggunakannya sebagai ajang promosi. Entah itu promosi terhadap jasa kita, produk atau perusahaan yang sedang kita kembangkan. Hebatnya, bukan hanya sekadar promosi itu, ada juga yang memanfaatkannya untuk mempromosikan dirinya kepada orang lain atau masyarakat. Misalkan, seseorang yang mencalonkan dirinya menjadi calon gubernur, maka bisa menggunakan fb untuk promosi.

  • FB Bisa Untuk Sarana Diskusi

Dengan menggunakan fb maka kita akan bisa berdiskusi dengan teman kita dengan memanfaatkan akun chatting yang sudah tersedia di dalamnya. Kita juga bisa menjaring teman-teman atau orang yang belum dikenal sebelumnya dengan menggunakan atau membuat halaman fanspage. Apalagi bagi para blogger mania, maka akun fanspagenya fb akan bermanfaat sekali bagi pengembangan pengunjungnya.

  • Status FB Untuk Curhat

Yang paling dirasakan dampaknya adalah bahwa fb sering sekali digunakan untuk menumpahkan perasaan kita yang sedang dipikirkannya. Misalkan kita punya unek-unek yang perlu diselesaikan bersama atau butuh pendapat dari orang lain, maka kita bisa melakukan update status yang nantinya berharap bisa ada orang lain atau orang sudah menjadi teman kita akan bisa memberikan komentar di dalam status fb tersebut.

Dampak Negatif Penggunaan FB

Di saat kita sedang ramai-ramainya menggunakan fb, muncul berbagai permasalahan-permasalahan yang disebabkan oleh fb itu sendiri. Karena setiap sesuatu pasti memuat dua dampak, kalau tidak positif ya negatif. Dampak negatif ini kebanyakan sudah sangat dirasakan oleh berbagai kalangan baik remaja, orang yang sudah menikah maupun anak-anak.

  • Fb Bisa Membuang-Buang Waktu

Bagi orang yang menggunakan fb, apalagi baru awal-awal menggunakan fb pasti akan ketagihan. Hampir setiap hari bahkan tiap menit setiap orang akan membuka dan menggunakan fb. Entah itu di rumah, di kantin, di toko, di sekolahan, di kelas banyak sekali orang yang sedang ber fb an ria. Sehingga pekerjaan yang seharusnya lebih penting untuk dikerjakan akan menjadi terbengkalai tak terpikirkan, seharusnya waktu yang digunakan untuk belajar, menghafal, mengulang materi pelajaran kini bergeser dengan menggunakan fb.

  • Fb Bisa Menurunkan Produktivitas Karyawan

Ternyata penggunaan fb tidak hanya berdampak negatif terhadap kalangan pelajar, bagi karyawan pun akan banyak ditemui gejala dampak negatif fb. Mentang-mentang di kantornya ada saluran internetnya sehingga bisa ber fb an secara gratis, akhirnya memanfaatkan point ini untuk mengakses fb, sibuk chattingan, sibuk mengecek status temannya, sibuk memberikan komentar. Padahal pekerjaan sebagai karyawan belum terlaksana dengan baik

Sehingga akhir-akhir ini banyak digalakkan penonaktifan jaringan fb pada saat jam kerja atau masa aktif siswa belajar di sekolah atau kampus. Kita tidak akan bisa mengakses fb manakala batas waktu penonaktifan fb pada sebuah kantor, sekolah atau kampus masih dilakukan, baru kemudian misalkan pada saat jam 4 sore maka akses kembali diaktifkan. Tapi kan kalau karyawan berarti sudah pulang ke rumahnya masing-masing bukan?

  • Fb Bisa Menebarkan Fitnah

Sudah banyak orang yang terlibat perselingkuhan hanya gara-gara fb, telah banyak keluarga yang menjadi berantakan hanya karena persoalan sepele yang ada dif b. karena fb akan bisa mengakibatkan rasa cemburu kepada suami atau istrinya yang saling berkomentar terhadap wanita atau pria lain. Tidak dibatasi subjek ruang dan waktunya.

2 komentar: