Senin, 29 Oktober 2012

Point Penting Cara Memilih Kata Kunci Yang Tepat


Cara memilih kata kunci yang tepat merupakan kewajiban internet marketer. Awal mula Anda dalam membangun dan menjalankan bisnis online adalah menemukan ide bisnisnya dan menentukan dan memilih kata kunci yang tepat, agar bisa menghasilkan penjualan sehingga bisa mendapatkan penghasilan. Jika Anda memilih kata kunci secara asal-asalan, maka 90% situs yang Anda bangun akan gagal total alias tidak menghasilkan. Namun, jika dalam memilih kata kunci dilakukan penuh dengan perhitungan, pertimbangan dan pemikiran maka insya Allah target Anda akan lebih cepat tercapai.   


Bagaimana Cara Memilih dan Menentukan Kata Kunci yang Tepat?

Yang pertama Anda harus lakukan adalah menentukan produk yang ingin Anda pasarkan/jual/promosikan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengunjungi beberapa situs penyedia program reseller produk. Seperti, clickbank dan amazon. Maka Anda disarankan untuk mengunjungi situs-situs tersebut. Akan banyak Anda temukan ribuan produk dari beragam kategori.

Jika Anda bingung mau memilih produk mana yang akan dipromosikan, maka sebaiknya Anda merenung sejenak untuk memikirkan pekerjaan apa yang selama ini sering dikerjakan, atau kesukaannya bahkan hobi juga boleh dijadikan untuk menentukan produk yang akan dipromosikan. Misal Anda suka berkebun, maka Anda boleh memasarkan e-book tentang berkebun yang benar, dan lain sebagainya. Yang kedua adalah Anda harus mengunjungi situs Google Adwords Keyword Tools untuk melakukan pencarian terhadap kata kunci dan memilih kata kunci yang pencarinya banyak. Cara termudahnya adalah Anda bisa mengetikannya ke halaman mesin pencari. Yang ketiga adalah Anda harus melakukan riset kompetisi kata kunci. Nanti Anda akan mengetahui berapa saingan kata kunci yang Anda targetkan. Ada low, medium dan high. Maka dari itu, yang harus Anda masukkan sebagai menu utama bisnis online Anda adalah memilih kata kunci yang tepat.


Memilih Kata Kunci Seperti Apa yang Anda Inginkan?

Ada beberapa point yang bisa membantu Anda untuk menentukan dan memilih kata kunci yang tepat di antaranya adalah sebagai berikut: Pertama, kata kunci yang Anda targetkan harus dan wajib mempunyai jumlah pencarian EXACT lebih dari 1000 pencari, lebih dari 1000 makan akan lebih baik begitu juga sebaliknya semakin kurang dari 1000 maka akan semakin jelek. Kedua, cari kata kunci yang tingkat kompetisinya rendah. Jadi, kesimpulannya adalah carilah kata kunci yang jumlah pencarinya >1000 dan tingkat kompetisinya rendah. Ketiga, kata kunci yang Anda bidik harus bersifat menjual (buying keyword). Misalnya, kata kunci harga mobil, beli mobil, mobil sedan murah, dan lain-lain. Contoh kata kunci yang tidak menjual, gambar mobil kodok, mobil pejabat, dan lain sebagainya. Jadi, jika kata kunci Anda misalkan beli mobil, otomatis yang berkunjung ke situs Anda adalah orang yang benar-benar ingin membeli mobil. Sementara jika kata kuncinya gambar mobil, maka akan lebih banyak pencarinya/pengunjung situs Anda adalah orang yang hanya mau mencari-melihat-lihat gambar mobil saja. Jadi, Anda harus pandai-pandai dalam memilih kata kunci.


Berapa yang Harus Dikumpulkan dalam Memilih Jumlah Kata Kunci?

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengumpulkan ratusan kata kunci yang ada kaitannya dengan produk yang akan Anda pasarkan. Kemudian Anda harus mengecek jumlah pencari dan tingkat kompetisinya seperti yang sudah dijelaskan di atas. Kedua Anda harus menentukan satu (1) kata kunci pokok Anda kemudian Anda menentukan empat (4) kata kunci tambahan yang masih ada kaitannya dengan kata kunci pokok. Jadi, total kata kunci yang harus dimuat di dalam konten situs website atau blog Anda adalah lima (5) kata kunci. Misal, kata kunci yang Anda inginkan adalah Mobil. Maka Anda harus mengumpulkan ratusan kata kunci yang masih berhubungan dengan mobil, lalu cek saingan dan jumlah pencarinya, lalu buatlah kata kunci tambahan. Contoh: Beli Mobil (kata kunci pokok) = Beli Mobil Warna Putih, Beli Mobil Bekas Murah, Beli Mobil di Bandung (yang bergaris bawah adalah kata kunci tambahannya). Begitulah sekilas tentang cara memilih kata kunci  yang tepat.

1 komentar: