Sabtu, 20 Oktober 2012

Cara Hebat Mencari Backlink Berkualitas


Seorang pemula yang terjun di dunia SEO tentu masih terlalu awam mengenai backlink itu sendiri. Jadi, belum begitu mapan manakala ada artikel yang saling berlainan pendapatnya satu sama lain. Hal ini penting untuk diluruskan. Apalagi dalam hal mengenai cara mencari backlink berkualitas, tentu menjadi sesuatu yang penting untuk diperhatikan. Agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, sehingga malah membuat situs Anda berantakan dan akhirnya harus membuat atau mengulang lagi dari awal. Capek bukan? Nah, maka dari itu sebelum terlambat, sebelum rambu-rambu warning bahaya menyala, lebih baik untuk bersikap teliti sebelum bertindak, bijaksana sebelum menentukan pilihan.  


Mencari Baclink Berkualitas Agar Berpagerank Tinggi

Banyaknya backlink yang Anda butuhkan untuk situs web atau blog Anda tergantung dari saingan situs lain yang memuat konten dengan kata kunci yang sama dengan yang Anda bidik. Jika saingan Anda memiliki backlink misalkan katakanlah 200 maka sebaiknya Anda mencari backlink lebih dari itu. Untuk mengetahui backlink situs saingan Anda, disarankan Anda membeli software market samurai seharga kurang lebih $147 untuk selamanya. Dengan market samurai, Anda akan tahu berapa backlink dan pagerank situs lain yang sama-sama membahas mengenai kata kunci target Anda. Berbeda jika riset kata kuncinya dilakukan secara manual, maka Anda tidak bisa mengetahui backlink situs saingan Anda. 

Kadang-kadang situs Anda akan berada di urutan paling atas manakala kata kunci yang Anda targetkan tidak ada saingannya sama sekali, atau judul konten yang memuat kata kunci tertentu sama persis dengan yang diketikkan pencari atau pengunjung di mesin pencari. Misal: saya mengetikkan Insulin Babi Kian Populer, maka jika judul konten Anda sama persis dengan yang diketikkan pencari otomatis situs blog Anda ada di urutan pertama search engine.

Jadi, kembali lagi ke semula bahwa untuk mencapai urutan paling atas halaman mesin pencari, maka Anda tinggal memenuhi cara mencari backlink berkualitas minimal 30 sampai dengan 60 backlink yang berkualitas per halaman blog Anda. Tidak hanya itu, Anda juga mengoptimalkan kualitas konten situs Anda. Buatlah konten yang berkualitas dan unik di mata search engine, hindari membuat konten yang asal-asalan apalagi menjiplak atau kopi paste artikel milik orang lain, jangan bertindak demikian, karena sehebat apapun situs Anda, jika kontennya dari hasil duplikat artikel orang lain, maka nilainya Nol Besar.


Maksud dari Mencari Baclink Berkualitas

Jadi, Anda sangat berkesempatan untuk menjadi pemenang dan mengalahkan saingan Anda dengan mencari backlink berkualitas untuk situs Anda jika saingan Anda backlinknya tidak berkualitas meskipun jumlahnya ribuan. Hati-hati dalam memilih backlink. Pilihlah backlink yang setopik dengan situs Anda, sudah tua umurnya dan tentunya mempunyai pagerank yang tinggi minimal 5. Jangan punya mindset yang penting punya backlink banyak sampai ribuan backlink tapi ternyata backlinknya berasal dari situs yang pageranknya rendah, tapi cerdas dan bijaksanalah dalam mencari backlink. Pilih backlink yang berkualitas, bukan sembarang backlink.

Salah satu indikator bahwa link tersebut berkualitas adalah backlink yang Anda dapatkan adalah yang sama pembahasannya dengan pembahasan blog Anda. Jadi, jika misalkan situs Anda memuat konten dengan tema blog maka Anda harus mendapatkan backlink yang bertemakan blog juga. Anda harus meluangkan waktu dan tenaga Anda untuk mencari backlink yang sekiranya sama topiknya dengan situs blog Anda. Terus dan terus mencari backlink untuk situs Anda, lebih baik capek di awal dan akhirnya akan menuai hasilnya daripada bertindak sembrono alias mencari backlink asal-asalan tapi nantinya situs Anda bobrok. Tidak mau bukan?

Jika Anda tidak memperhatikan kualitas backlink Anda maka Anda akan banyak memakan waktu dan tenaga tapi hasilnya kurang atau jauh dari optimal. Karena meskipun backlink Anda jumlahnya ratusan tetapi jika tidak berkualitas dalam artian backlinknya dari situs biasa-biasa saja tidak terkenal dan berpagerank rendah maka ya mubazir saja.

Kesimpulannya adalah cobalah untuk memburu backlink yang berkualitas baik dari segi pagerank maupun dari segi kesamaan tema konten dengan blog Anda. Jangan blog Anda membahas tentang blog nanti baclinknya dari situs yang membahas tentang gagal ginjal. Ini salah besar dan tidak ada hubungannya sama sekali jadinya. Sebaliknya jika link Anda bertemakan sama yaitu sama-sama membahas blog maka ada timbal balik dan tukar informasi. Berbijaksanalah dalam mencari backlink berkualitas.


Cara Mencari Backlink Berkualitas untuk Setiap Halaman Blog Anda

Baclink yang Anda cari adalah untuk setiap halaman blog Anda bukan setiap nama domain yang Anda miliki. Jadi misalkan halaman 1 membahas kata kunci tentang ppc maka sebaiknya Anda mencarikan backlink dari situs berkualitas yang membahas tentang ppc juga. Jadi, setiap halaman blog Anda harus dimaksimalkan backlinknya. Minimal backlink yang harus Anda carikan untuk setiap halaman adalah tergantung dari saingan kata kunci yang Anda target. Jika kata kunci tersebut saingannya berat, maka otomatis Anda harus mencarikan backlink setiap halamannya harus menggungguli atau lebih banyak daripada situs saingan Anda. Misalkan setelah dicek atau dilakukan riset kompetisi dengan market samurai, saingan situs Anda memiliki backlink sebanyak 100 backlink, maka yang halaman situs Anda harus mempunyai backlink lebih dari 100. Dengan begitu, harapannya bisa berada di posisi atas halaman mesin pencari.


Mencari Backlink Berkualitas yang Banyak per Hari = SPAM?

Jika Anda mendapatkan dan mencari backlink berkualitas bukan dari link farm tidak akan menjadi masalah. Jadi, Anda silakan boleh melakukan posting di berbagai forum yang Anda ketahui dengan meninggalkan backlink yang mengarah ke situs Anda, ini diperbolehkan. Namun, jangan sekali-kali Anda memposting banyak artikel dengan konten yang sama dalam jumlah yang banyak dalam sekali waktu di satu forum tertentu, ini jelas sangat dilarang Karena dianngap spam.

Kunci utama Anda dalam mencari backlink adalah konsisten. Anda tinggal atur jadwal kapan waktunya buat mencari backlink. Jika sudah ditentukan waktunya misal per harinya Anda membacklink sebanyak 20 backlink untuk 20 halaman blog Anda yang berbeda maka setiap hari jangan sampai ada yang kosong tidak melakukan backlink. Teruslah untuk konsisten terhadap jadwal Anda. Hal ini menunjukkan bahwa mencari backlink berkualitas merupakan pekerjaan penting untuk pengoptimalan situs Anda.


Kira-Kira Kapan Bisa Berhenti Mencari backlink Berkualitas?

Untuk mendapatkan link dari situs lain tentu Anda tidak melakukannya dengan sembarangan asal link yang banyak. Namun, Anda harus memperhatikan apakah backlink tersebut berkualitas atau tidak di mata google. Bisa dilihat berdasarkan nilai pageranknya, untuk mengecek nilai pagerank bisa menggunakan software SEOquake yang bisa dicari di search engine. Itu gratis, tidak berbayar.

Anda dibolehkan untuk berhenti mencari backlink berkualitas manakala keyword yang Anda bidik atau targetkan sudah berada di urutan 3 atau lima besar halaman mesin pencari. Namun, biasanya jika masih awal menduduki peringkat tersebut kondisinya belum begitu stabil masih labil, sehingga Anda harus terus mencari backlink sampai kondisinya stabil dan normal. Demikian artikel tentang mencari backlink berkualitas semoga bermanfaat.

13 komentar:

  1. Thanks for sharenya mas..
    Apa mas punya link backlink berkualitas untuk saya tempati tanam backlink

    BalasHapus
  2. makasih atas infonya..mari mencari backlink

    BalasHapus
  3. makasih atas informasi backlinknya

    BalasHapus
  4. Artikelnya sangat bermanfaat untuk blogger pemula seperti saya..thnx sudah share :)

    BalasHapus
  5. terimakasih atas saran dan info bagaimana mendapat baclink secara aman dimata google!

    BalasHapus
  6. (ask) om mencari backling untuk 20 halaman berbeda untuk satu blog atau gmana?

    BalasHapus
  7. jika blog kita masih baru dan belum banyak/rendah backlinknya apakah blog/web yang tinggi backlinknya mau berbagi dengan kita? thanks

    BalasHapus
  8. Ilmu baru lagi neeh gan. OOO... ternyata begicu ya. Ane kira bikin backlink cukup pakai nama domain saja. Eh ternyata salah. Pantas aja serp ane melorot terus. Harus praktekin langsung nih. Ntar keburu tambah dalem serpnya. Tq gan

    BalasHapus
  9. terimakasih bos buat tutorialnya... mantab

    BalasHapus