Minggu, 21 Oktober 2012

Cara Praktis Menggunakan Copyscape


Sebagai seorang internet marketer yang sudah membangun sebuah situs website atau blog, pasti memerlukan artikel untuk konten blognya. Namun, untuk mengisi konten blog tentu tidak sembarangan artikel yang diposting. Artikel tersebut harus unik dan berkualitas serta bermanfaat bagi orang lain atau pengunjung. Agar artikel dianggap berkualitas maka bisa menggunakan copyscape. Copyscape bisa digunakan untuk mengecek apakah artikel yang akan diposting sebagai konten kita ada duplikatnya atau tidak. Di sini ada penjelasan mengenai cara menggunakan copyscape.


Jenis-Jenis dan Cara Menggunakan Copyscape

Copyscape digunakan untuk melakukan pengecekan terhadap sebuah artikel atau tulisan agar diketahui apakah tulisan tersebut ada di tempat lain atau berduplikat atau tidak. Jenis copycape ada dua, yaitu copyscape gratis dan yang berbayar.

  • Cara Menggunakan Copyscape Gratisan

Copyscape yang gratis bisa Anda cari di mesin pencari misalkan google. Ketikkan saja copyscape, nanti akan muncul di urutan paling atas yaitu situs www.copyscape.com. Nanti Anda tinggal berkunjung ke situs tersebut untuk kemudian Anda masukkan URL halaman Anda yang akan Anda cek keasliannya. Misalkan: http://pro-anneahira.blogspot.com/asian-brain-penjelasan-lengkapnya.html. Kemudian klik cek. Jika artikel Anda kopipaste, maka akan muncul tulisan yang sama. Jika tidak ada duplikatnya, maka akan muncul halaman peringatan bahwa artikel Anda tidak ada atau tak ditemukan kembarannya.

  • Cara Menggunakan Copyscape Berbayar

Jika di copyscape gratisan Anda harus memasukkan URL halaman Anda, maka kalau yang berbayar Anda tinggal memasukkan atau menyalin artikel yang akan Anda cek keasliannya sebelum diposting, kemudian menempelkannya ke dalam kolom yang disediakan copyscape. Nanti Anda akan tau apakah artikel tersebut ada duplikatnya atau tak?
 
Agar Anda bisa menggunakan copyscape yang berbayar, maka Anda mesti melakukan pendaftaran dulu lalu melakukan pembelian terhadap beberapa kredit. Setelah itu, baru Anda bisa mengakses dan memakai copyscapenya.


Cara Menggunakan Copyscape – Tips Menulis Ulang Artikel Orang Lain

Agar bisa lolos copyscape, ada beberapa tips yang harus Anda lakukan sehingga meskipun Anda bukanlah orang yang mahir dalam menulis artikel bahasa Inggris, maka Anda bisa melakukannya.
 
Jadi, jika Anda mau menulis artikel dari artikel yang sudah ada, maka Anda harus melakukan penulisan kembali terhadap artikel tersebut. Jangan main ambil artikel orang lain lalu mempostingkannya ke blog Anda untuk dijadikan konten.
 
Anda harus menulis ulang artikel orang lain yang akan Anda diposting. Caranya adalah dengan mengubah kalimat yang ada di dalamnya. Misalkan, jika kalimatnya pasif, ayah diberi buah oleh ibu, maka Anda harus mengubahnya menjadi kalimat aktif, misalkan ibu memberi buah kepada ayah. Atau Anda juga bisa memberi tambahan kata-kata dari kalimat awalnya. Misal, Ibu pergi ke pasar. Maka Anda bisa menambahkan kalimatnya menjadi pasar adalah tempat yang befungsi untuk melakukan transaksi jual beli. Pasar biasanya menyediakan berbagai macam produk. Setiap hari Ibu diantar oleh ayah dengan sepeda motor untuk pergi ke pasar.
 
Bagi Anda yang mau menulis artikel bahasa Inggris, maka Anda tinggal mencari artikel orang lain. Minimal satu artikel yang akan Anda buat merupakan gabungan dari 5 artikel orang lain. Misalkan: artikel tentang internet marketing, maka Anda bisa mencari artikel tentang itu di mesin pencari google. Nanti Anda tinggal menyortir dan menggabungkan artikel-artikel tersebut menjadi 1 artikel. Anda menuliskannya dengan bahasa Indonesia baku, jangan bahasa gaul. Ketika artikel Anda sudah selesai dibuat, maka Anda tinggal buka google dan klik menu “terjemahkan” di bagian sidebar atas. Anda atur dulu bahasa yang akan Anda gunakan. Terjemahkan dari “bahasa indonesia” ke “bahasa Inggris”. Lalu Anda kopi artikel tersebut lalu tinggal pastekan pada kolom yang disediakan di google terjemahan. Nanti beberapa detik Anda akan melihat hasil terjemahannya.
 
Langkah selanjutnya Anda harus mengkopi hasil terjemahan tadi dan mempastekannya ke notepad lalu dikopipaste ke microsoft word untuk dicek grammarnya melalui menu spelling yang sudah disediakan di Microsoft word nya. Setelah dicek spellingnya maka Anda harus dicek dengan copyscape. Jika lolos copyscape maka artikel Anda sudah siap dipostingkan. Begitulah cara menggunakan copyscape gratisan dan berbayar.
 
 

24 komentar:

  1. misal kita punya keterbatasan dalam bahasa inggris sementara ingin bisa rewrite artikel bahasa inggris, gimana ya caranya?

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Mantab mas kalau pakai copyscape, saya sudah coba dan memang sangat membantu banget untuk mengetahui apakah artikel yang kita beli copy paste apa nggak hehehehe....

    BalasHapus
  4. oh begitu, untuk ngecek aja ya?

    BalasHapus
  5. triknya bagus gan, bisa di praktekin di blog q nih

    BalasHapus
  6. Terima Kasih Sharenya, jadi dapat pencerahan. trm ksh..

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  8. Thank for your information... Nice Post.

    BalasHapus
  9. ok deh ane coba dulu. kalo ane gk pernah copast, takutnya ada kalimat yg tiba tiba sama

    BalasHapus
  10. akhirnya ngerti juga cara pake copyscape...teirma kasih Bro.

    lagi belajar buat blog nih..silakan mampir ke : http://internet-solusi-uang.blogspot.com/

    BalasHapus
  11. bermanfaat, kebekebtulan saya lagi butuh ne mas.

    BalasHapus
  12. terimakasih atas infornya. saya sangat butuh ini karena menyangkut seo dan serp juga.

    BalasHapus
  13. Wah sangat bermanfaat sekali buat saya pribadi, saya yakin artikel ini juga bermanfaat banyak terhadap pembaca lainnya seperti yang saya alami.
    Terimakasih bos atas infonya, sukses selalu ..!!

    BalasHapus
  14. thanks for sharing gan , mampir juga ya di teknologipas.blogspot.com :)

    BalasHapus
  15. mbak bagaimana meningkatkan web site(bukan blog) yang tidak ada artikelnya, tolong beritahu caranya dong, thanks mbak

    BalasHapus
  16. mantapsss gann
    http://dapur-holic.blogspot.com

    BalasHapus
  17. Makasih sblmnya, saya lagi mau coba pelajari copyscape karena mau buka jasa pembuatan artikel.

    BalasHapus
  18. terimakasih, jadi artikel nya harus di post dlu bru bisa di cek ya ?

    BalasHapus
  19. Wah patut untuk di coba teruma kasih mba

    BalasHapus
  20. pengen pinter bahasa inggris biar bisa nulis artikel english :(

    BalasHapus