Kamis, 18 Oktober 2012

Penjelasan Detail Tentang Backlink


Sebagai seorang internet marketer dan pelaku bisnis online yang professional, tentu telah mematangkan kualitas SEO situs website atau blognya. Salah satu yang bisa mempengaruhi SEO nya tersebut adalah backlink. Kata backlink mungkin bagi kebanyakan orang yang sudah terjun di dunia internet akan tidak asing lagi. Sudah banyak situs yang membahas mengenai itu. Namun, sebagian besar situs hanya membahasa backlink secara setengah-setengah tidak menyeluruh.


Definisi Backlink

Definisi dari kata backlink adalah situs website atau blog yang saling terhubung antara satu dengan yang lainnya sehingga membentuk sebuah system timbale balik. Situs 1 mengelink situs 2, begitu juga sebaliknya. Jika didefinisikan secara mendetail bahwa backlink merupakan gabungan dari kata back yang berarti kembali atau timbal balik dan link yang berarti kata atau kalimat yang akan mengarahkan ke alamat situs yang membuat link apabila ada yang melakukan klik pada link tersebut.

Definisi lainnya mengatakan bahwa backlink merupakan link situs lain yang terdapat pada halaman situs Anda, jika link tersebut diklik maka si pengeklik akan diarahkan ke situs link tersebut. Terdapat dua macam jenis yaitu backlink no follow dan do follow.

Maksud dari no follow adalah link yang dipasang atau terdapat pada sebuah halaman situs tertentu tanpa melibatkan pengawasan dari sebuah spider yang biasa melakukan perayapan pada sebuah link. Sedangkan do follow spidernya akan terlibat melakukan pengawasan atau merayapi link tersebut.


Kegunaan dan Manfaat Backlink

Berbicara mengenai manfaat backlink maka tentunya akan banyak yang akan Anda dapatkan, karena rumus dari situs web yang professional adalah kata kunci (keyword) yang tepat + konten yang unik dan berkualitas di mata google + backlink yang berkualitas sama dengan situs berpagerank tinggi.

Manfaat yang bisa Anda dapatkan dari backlink adalah situs yang sudah Anda bangun dan jalankan statusnya akan menjadi terkenal di mata search engine atau mesin pencari manapun. Jika website Anda sudah popular maka otomatis google akan menempatkan situs web Anda di urutan pertama halaman google karena dianggap penting. Selain itu, traffic orang yang mengunjungi situs Anda nantinya akan semakin meningkat sehingga otomatis akan bisa membuat pagerank situs Anda berada di peringkat teratas.

Secara logika akan menjadi benar jika ada pernyataan yang menyatakan bahwa dengan backlink maka situs Anda akan mendapatkan pengunjung yang banyak, karena dengan link-link yang tersebar di beberapa situs lain, maka peluang orang atau pengunjung untuk mengeklik klik Anda yang berada di situs lain pun akan semakin besar.

Maka dari itu, maka sudah sepatutnya Anda mendapatkan backlink sebanyak-banyaknya. Namun, backlink yang Anda gunakan adalah backlink dari situs yang berkualitas yang tentunya sudah berpagerank tinggi. Minimal kalau bisa baclink dari situs berpagerank 5 sampai 7.


Cara Mendapatkan Backlink

Anda bisa mendapatkan backlink dari sebuah direktori, dan Anda harus mengusahakan mencari backlink dari situs yang memiliki pagerank yang tinggi. Backlink dari situs  yang berpagerank rendah juga boleh karena juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas situs Anda. Backlink yang Anda gunakan adalah yang relevan dan ada hubungannya dengan topik pembahasan situs Anda.

Anda juga bisa memanfaatkan blog iklan baris, karena akan semakin terlihat bervariasi di mata google. Teruslah berikhtiar untuk sebisanya memperoleh backlink yang berkualitas dari situs-situs favorit sebanyak-banyaknya, sehingga nantinya akan bisa meningkatkan kualitas blog Anda dan akhirnya situs Anda akan meningkat pageranknya.

Jika Anda memiliki modal yang banyak, maka Anda bisa mendapatkan ribuan backlink berkualitas hanya dengan setup sekali saja, sehingga akan bisa menghemat waktu dan tenaga Anda. Coba saja Anda cari di mesin pencari google dan ketikkan software untuk backlink. Harganya sekitar 140 dollar AS.

Ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan backlink yaitu: dengan menuliskan nama situs Anda di setiap tulisan yang akan Anda posting. Atau Anda bisa juga dengan mengikuti forum-forum diskusi secara online seperti adsenseid, atau forum online lainnya dengan menyertakan link situs Anda pada saat Anda komen atau posting di forum tersebut. Bisa juga Anda lakukan dengan cara tukaran link dengan situs lain. Biasanya berupa kode html yang kemudian untuk dipasang di gadget sidebar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar