Selasa, 30 Oktober 2012

Cara Sukses Berpenghasilan Dengan Affiliate Program


Akhir-akhir ini sedang marak tentang affiliate program, karena bisnis ini dirasa sangat prospektif dan bisa terus menghasilkan pendapatan untuk dijadikan sebagai ladang uang seseorang. Tidak hanya satu tahun, bisnis ini tidak mengenal batas usia dan waktu. Selama akunnya masih aktif maka akan terus menghasilkan. Beberapa jenis bisnis online bisa Anda ikuti di internet. Salah satu diantaranya adalah affiliate program.


Penjelasan Tentang Link Affiliate Program

Affiliate program merupakan jenis layanan yang memberikan peluang dan kesempatan kepada para internet marketer atau pelaku bisnis online handal untuk turut serta memasarkan produk yang mereka tawarkan untuk kemudian mendapatkan komisi dari setiap penjualan. Cara mengikuti affiliate program adalah dengan mempromosikan link affiliate di situs website atau blog Anda, yang disediakan oleh para merchant. Merchant di Indonesia adalah Asian Brain, kursus bahasa Inggris online dan lain sebagainya. Sedangkan merchant mancanegara adalah amazon dan clickbank. 


Affiliate Program – Merchant Itu Apa Ya?

Merchant adalah pihak yang berperan sebagai perusahaan online yang memberikan fasilitas affiliate program untuk diikuti oleh para pemasar online. Jadi, pebisnis online yang tertarik untuk bisa mendapatkan penghasilan, maka salah satu langkahnya adalah ikut program ini dengan melakukan pemasaran secara online yang kemudian akan mendapatkan komisi dari pihak penyedia program tersebut.

Sistem ini seperti halnya calo, jadi Anda tinggal meletakkan link affiliate yang sudah Anda peroleh di situs web atau blog Anda. Jika nanti ada orang yang mengeklik link tersebut, maka pengeklik akan dibawa dan diarahkan ke situs penyedia affiliate program (misal:clickbank). Situs clickbank akan secara otomatis merekam kode affiliate Anda, jika nanti terjadi pembelian oleh pengunjung maka Anda akan terdeteksi sebagai penerima komisi dari kode yang sudah terekam tadi.

Biasanya link affiliate dikelabui atau ditutupi dengan nama domain yang kita buat atau yang biasa disebut sebagai domain forwarding. Misalkan: link affiliate Anda “afiliasi1432”, maka bisa ditutupi dengan domain (misal) www.ayobelilaptoponline.com. Jadi nampak lebih professional bukan? Jika dibandingkan Anda menaruh link affiliate mentah.

  

Tips Memilih Merchant Untuk Affiliate Program

Beberapa tips dan poin penting yang harus Anda perhatikan adalah sebagai berikut:

Apakah produknya berkualitas?
Anda harus mengecek dan meneliti secara cermat bahwa produk yang akan Anda pasarkan dan promosikan merupakan produk yang berkualitas  tidak asal produk, sehingga situs Anda akan dianggap professional.

Apakah Komisi Yang Akan Anda Dapatkan Besar?
Anda harus berperan sebagai seorang pelaku bisnis yang statusnya sudah sangat professional. Anda harus memposisikan diri Anda sebagai seorang yang sangat berharga, tidak main-main. Sehingga Anda akan lebih memilih merchant yang memberikan komisi yang besar. Jangan mentang-mentang merchant akan memberikan komisi, maka Anda ikut banyak affiliate program sehingga situs blognya banyak dipenuhi banner-banner atau link affiliate. Hal ini justru mengubur habis-habisan affiliate program yang memberikan komisi besar.


Cara Merchant Memberikan Komisi Dari Affiliate Program

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk memberikan komisi kepada para penggunanya. Merchant penyedia affiliate program bisa memanfaatkan cek, atau ada yang menggunakan cara transfer bank dan juga western union serta paypal. Waktu pengiriman komisi sangat bervariasi tergantung merchantnya. Ada yang setiap bulan atau malah ada yang setiap 2 minggu sekali.

2 komentar: